Jumat, 01 Maret 2013

Soal Latihan Konsep Berbicara


SOAL LATIHAN
  1. Coba dengan bahasa anda sendiri, susunlah sebuah devinisi atau pengertian berbicara! 
  2. Coba identifikasikan ciri-ciri khusus berbicara menurut pengamatan anda dalam kegiatan komunikasi lisan!
  3. Salah satu ciri berbicara adalah diwarnai perbendaharaan pengalaman. Jelaskan maksud pernyataan tersebut! 
  4. Salah satu tujuan berbicara menurut Martin P. Anderson adalah memberikan rangsangan kepada orang lain. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut! 
  5. Coba jelaskan dengan contoh tentang fungsi berbicara dalam bidang pendidikan!

JAWABAN
  1. Proses pelafalan secara lisan yang tersusun secara sistematis antara mimik, nada, intonasi dan jeda untuk menyampaikan apa yang dirasa dan difikirkan sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan orang lain. 
  2. Ciri-ciri berbicara antara lain:
  • Melibatkan partisipan (sender dan reciver), topik (materi), kode (bahasa), channel (saluran), setting (lingkungan), tujuan dan bentuk komunikasi 
  • Hanya dapat dilakukan oleh manusia
  • Melibatkan lima unsure, diantaranya: ü  Alat ucap, ü  Pita suara, ü  Saluran pernafasan, ü  Udara yang keluar dari paru-peru sebagai penghasil arus bunyi, ü  Tubuh dengan segala unsur yang mendukung kegiatan berbicara.
  • Memerlukan persiapan 
  • Mengandung unsur vitalitas
  • Melibatkan unsur penalaran 
  • Melibatkan kegiatan berfikir 
  • Merupakan kegiatan procedural (bertahap)
  • Bersifat interaktif 
  • Bersifat sementara 
  • Terjadi dalam bingkai-bingkai khusus 
  • Tanpa menggunakan tanda baca 
  • Kata-katanya terbatas
  • Diwarnai perbendaharaan kalimat
  1. Berbicara diwarnai perbendaharaan pengalaman karena pengalaman menentukan lancar atau tidaknya seseorang berbicara di depan orang banyak. Semakin banyak pengalaman seseorang, semakin banyak pula warna berbicara yang ditampilkan. Dengan demikian, orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan luas cenderung lebih lancar berbicara daripada orang yang kurang pengalaman 
  2. Maksud dari pernyataan Martin P. Anderson adalah apabila kita berbicara mengenai suatu hal kepada orang lain, maka orang itu akan memberikan rangsangan dalam bentuk respon berupa tanggapan, misalnya pendapat, saran, kritikan, persetujuan, dsb. 
  3. Contoh, seorang guru yang menerangkan/menjelaskan tentang materi kepada muridnya, kemudian murid-murid meresponnya dengan memberikan pertanyaan atau tanggapan. Contoh tersebut merupakan salah satu contoh fungsi berbicara dalam bidang pengajaran atau pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar